Thursday, January 24, 2013

Ketikan Pertama 2013


Ketikan pertama ditahun 2013..
 setelah cukup lama hiatus dari blog, akhirnya nemu kesempatan (lagi) berimajinasi  :).
Artikel kali ini bahas Psikologi anak, penasaran ? scroll nya pelan-pelan yaa…..haha
          Sebelumnya mau tanya nih sama yang berstatus “siswa”. Bosen ga kalo disuruh sekolah ?? jujur aja, pasti banyak yang ngeluh jenuh sama jadwal yang “itu-itu” doang. Sama ko, anak-anak disekolah manapun pasti punya perasaan yang sama. Dan menurut gue itu normal~ spesifikasi teruntuk siswa menengah atas yang notabenenya sudah beranjak remaja dan mulai curi kesempatan untuk berontak. Dalam dunia psikologi yang pernah gue denger, anak-anak yang memberontak selama masih dalam konteks “positif” menandakan keadaan psikis sang anak berkembang normal.
Kenapa bisa gitu? Hal ini dikarnakan pemikiran anak yang merasa sudah sanggup mandiri tetapi bertolak belakang dengan pemikiran orangtua yang berkeyakinan bahwa mereka belum berpengalaman menghadapi dunia luar. Maka dari itu orang tua seringkali cenderung “melarang” anak berinteraksi dengan dunia.
Sedangkan untuk anak yang terlihat “baik baik saja” apakah berarti psikisnya kurang normal? Menurut pendapat gue ini agak susah dideteksi. Bisa jadi anak itu memang berkelakuan baik atau memang keadaan psikisnya sangat tertekan sehingga tidak berani mengeluarkan keinginannya. Seringkali ia akan melakukan sesuatu yang sesuai keinginannya diluar pengawasan orang tua. Dampaknya akan berlipat-lipat apabila sudah tidak terkontrol.
Bagaimana caranya agar dapat dikontrol ? gampang…orang tua cukup memperhatikan dan mencatat pekerjaan mereka selama seminggu. Jika persentase kegiatan anak hanya berkutat pada sesuatu yang kurang bermanfaat,sebaiknya sang anak terus diajak berinteraksi dan buatlah mereka mengemukakan pilihannya sendiri. Jika telah menetapkan pilihan, Sebisa  mungkin jangan ada campur tangan orangtua. Orang tua hanya berperan untuk mengawasi agar tidak keluar jalur.
Artikel ini dibuat bukan untuk menggurui atau mendukung pemberontakan anak. Hanya sekedar untuk membuka mata bahwa tidak sepenuhnya anak-anak yang pemberontak melakukan hal hal negative. Sesuatu yang baru dan belum pernah dikerjakan akan menjadi pengalaman yang sangat berharga. Semakin bnyak pengalaman, maka akan semakin siap bagi seorang anak untuk bersaing di dunia luar :)
Salam.. penulis :)

No comments:

Post a Comment