Tuesday, October 30, 2012

(lanjutan) Perkembangan Ilmu Fisika

PERIODE 4
          Perkembangan pengetahuan dalam dunia ini lebih dikelan zdengan “modern physics”
Hal ini ditandai dengan mulai diletakkannya dasar-dasar baru yang lebih mencakup kenyataan alam dari dasar-dasar fisika klasik yang sudah ada sebelumnya.
NIKOLA TESLA(1856-1946)
          Nikola tesla lahir Yugoslavia, 9 juli, 1956. Pada saat itu,tesla dapat membuktikan bahwa listrik arus (AC) lebih baik daripada istem arus (DC).
          Penemuan penting lain yangdisumbangkan oleh tesla adalah menemukankumparan tesla dan menciptakan lampu tabung pertama tanpa kawat pijar.
PIERE CURIE & MARIE CURIE(…-…)
          Sepasang suami istri ini melakukian penelitian setelah mereka menikah.penelitian mereka tentang zat radioaktif yang dinamakan polonium dan radium pada tahun 1898. Penemuan mereka tersebut mendapatkan nobel pada tahun 1911.
ANTONIE HENRIE BACQUEREL(1852-1908
          Lahir pada tanggal 15 desember 1852. Penemuan yang telah dikemukakan adalah Kristal kalium-uranil sulfat yang dibungkus kertas hitam dapat menghasilkan rekaman pada film foto pada saat diaduk. Dan dalam hal radioaktivitas,ia telah menyumbangkan beberapa hal seperti sinar alfa, gamma, beta.
HENDRIK ANTON LORENTZ(1853-1929)
          Lorentz lahir di Belanda, 18 juli 1853,Lorentz telah menemukan teori electron. Teori ini sangat berpengaruh terhadap ilmu fisika. Lorentz juga mengemukakan adanya perubahan bentuksuatu benda yang diakibatkan oleh geraknya dengan kecepatan melalui eter.
Periode 5
          Periode 5 lebih berkaitan dengan fisika terapan yang telah berkembang pesat.berikut ini perkembangan dibidang fisika terapan.
WERNER HEISENBERG(1901-1976)
          Heisenberg lahir di jerman pada tanggal 5 desember 1901. Berikut ini beberapapengetahuan yang disumbangkan heseinbergh :
a.  Tahun 1925mengusulkan teori “mekanika kuantum”
b.   Tahun 1927merumuskan “prinsip ketidakpastian” atau sering dinamakan rumus ketidakpastian.
OTTO HAHN (1879-…)
          Hahn lahir di jerman 8 maret 1879.penelitian yang dilakukan Hahn antar lain:
A.  Meneliti proses penurunan atom brom
B.   Memisahkan barium dan radium
C.  Menemukan zat radioaktif yang bernama thorium, radioactinium, dan mesothorium.
Dampak negative yang terjadi dalam penelitian ini adlah penelitian ini dijadikan sebagai dasar dalam pembuatan senjata nuklir yang sangat dahsyat.sehingga terjadi perang senjata secara besar-besaran.
JOHANNES HANS & DANIEL  JANSEN(1907-…)
     Jansen adalah ilmuan asla jerman yang lahir pada 25 juni 1907. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan bahwainti atom mempunyai struktur kulit electron yang berlapis-lapis. Ia telah membuat suatu buku tentang “teori dasar struktur kulit atom”.
     Seiring berjalannya waktu, segala jenis penemuan dan pengembangan ilmuhukum fisika akan berkembang secara alami. Tidak menutup kemungkinan bahwa pengembangan penemuan tersebut dapat mematahkan penemuan sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA

Paddusa, Amin Genda.1998. Sejarah fisika.Yogyakarta:IKIP
Prasodjo, Budi.2003.Teori dan Aplikasi Fisika.Bogor :Yudhistira
Subini, Nini.2012.Kisah Menarik Einstein dan Kawan-Kawan. Jakarta:Javalitera
Gambar dan tokoh fisika diambil dari :
Google.com
Wikipedia.com

No comments:

Post a Comment